Macam macam Warna Bulu Ayam Aduan Jawara

Warna Bulu Ayam Aduan Berkualitas Juara

Warna bulu ayam aduan dipandang sangat erat kaitannya dengan karakter & ketangguhan. Terkadang bulu ayam bisa dijadikan ukuran jika seberapa sering ayam dengan warna tertentu dapat menjadi jawara disetiap atau berbagai pertandingan. Berikut ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang warna bulu ayam aduan, mengenai karakter & ketangguhan ayam dengan warna bulu akan dijelaskan pada kesempatan berbeda Warna bulu ayam aduan yang populer sekarang ini sementara ada 8 jenis yang berbeda.

1. Merah 
  warna ayam memang bervariasi tp  yg dominan banyak di pelihara orang adalah warna merah , tetapi di samping itu warna merah juga banyak macam dan type nya dan jenis nya 



 2. Wiring / Biring

Jenis warna bulu ayam type wiring paling banyak dan populer diantara jenis warna bulu lainnya. Bulu ayam wiring memiliki warna dasar hitam dengan bulu rawis (bulu jago) di bagian leher dan ekornya. Secara umum ayam dengan warna bulu wiring dibagi menjadi 2 yaitu wiring kuning & wiring galih.

Wiring Kuning biasanya bulu ayam dengan dasar hitam & rawis berwarna merah kekuningan, mulai ujung paruh hingga kaki ada kecenderungan nyaris berwarna kekuningan.
wiring kuning

Wiring Galih biasanya bulu ayam dengan dasar hitam dengan rawis berwarna merah tua kehitaman, ada kecenderungan mulai dari paruh hingga kaki berwarna kehitaman menyala.
Wiring Galih


3. Wangkas / Gondang 
Warna wangkas ayam aduan adalah ayam yang memiliki dasar warna bulu berwarna kuning kecoklatan menyala. Warna Wangkas terbagi dua yaitu :


Wangkas emas dimana ayam aduan yang memiliki perpaduan kuning agak sedikit keemasan
4. Kelabu / Kelawu
Ayam dengan bulu berwarna kelawu memiliki warna dasar kelabu (abu-abu) dan pada bagian bulu rawis terdapat warna abu-abu gelap menyala. Ayam aduan dengan warna Kelabu dikategorikan menjadi 2, yaitu:
 Kelabu Geni 

kelabu Geni, yaitu ayam dengan warna bulu dasar kelabu dengan kombinasi rawis berwarna merah kekuningan menyala.


 Kelabu Monyet 

Kelabu Monyet, yaitu ayam dengan warna bulu dasar kelabu dengan kombinasi rawis kelabu gelap kehijauan.


5. Brumbun / Blorok 
Ayam aduan dengan warna bulu brumbun adalah ayam dengan ciri warna yang cenderung rame karena memiliki banyak perpaduan warna. Warna dasar dari bulu ayam brumbun adalah merah, putih dan hitam serta memiliki bintik-bintik. Brumbun juga memiliki beberapa warna yang dominan yaitu :
Brumbun Madu

 Brumbun Madu, bulu ayam ini memiliki kombinasi warna putih, hitam, hijau dan merah.

 Brumbun Jalak

Brumbun Jalak dimana bulu ayam yang memiliki warna dasar dominan putih di sertai dengan sedikit warna hitam dan merah.

6. Jalak / Wido

Bulu Ayam aduan ini memiliki warna bulu dasar berwarna hitam, dengan bulu rawis berwarna putih menyala. dan cenderung berwarna hijau atau putih perak menyala
Ada beberapa jenis ayam jalak :


 Jalak Klabu
 Jalak Emas
 jalak hijau
 Jalak perak
5. Jragem / Ireng
Ayam aduan ini memiliki dominan warna bulu yang hitam gelap dengan kombinasi rawis juga berwarna gelap menyala dinamakan Jragem & ada juga dengan kombinasi hitam kehijauan menyala Jragem Wulun.